Tips Menjaga Kesehatan Janin Saat Sedang Puasa | Majalah Bunda

Tips Menjaga Kesehatan Janin Saat Sedang Puasa


Dalam setiap kehamilan biasanya ada saja tantangan baru, yang harus dihadapi bagi ibu hamil.
Hal ini tentunya dikarenakan ukuran janin yang semakin membesar dan kebutuhan nutrisi yang semakin besar juga yang dibutuhkan oleh janin kita agar tetap terjaga dan tentunya sehat. Saat bulan puasa saar ini mungkin saja ada beberapa orang yang baru pertama kali menjalani masa puasanya dengan kondisi hamil. Oleh karena itu berikut ini beberapa tips Menjaga Kesehatan Janin Saat Sedang Puasa. artikel ini diperlukan untuk membantu mereka menjalani puasanya dengan lancar walau sedang dalam masa kehamilan.
Berikut ini saya akan membagikan informasi seputar tips puasa saat hamil 6 bulan, semoga membantu.

1. Mengurangi aktifitas yang berat

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, memang ada beberapa bahaya kelelahan pada ibu hamil. Dan dalam masa puasa, mengurangi aktifitas yang terlalu berat untuk ibu hamil tidak ada salahnya untuk membantu menjaga kondisi dan ibadah puasa yang lancar.

2. Mengkonsumsi air putih dengan cukup

Konsumsi air putih juga harus cukup. Tetap konsumsi minimal 8 gelas setiap harinya untuk membantu pemenuhan kadar air dalam tubuh. Karena lebih dari 70% tubuh kita mengandung air maka tentunya pemenuhan air dalam tubuh akan sangat penting untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh.

3. Beristirahat dengan cukup

Beristirahat akan membantu tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Waktu istirahat ini tentunya juga bisa dimiliki pada siang hari dalam jangka waktu yang singkat. Yang perlu diperhatikan adalah waktu istirahat pada siang hari janganlah terlalu lama atau akan ada kesulitan untuk tidur pada malam harinya.

4. Menghindari stress

Menghindari stress adalah tips puasa saat hamil 6 bulan yang tentunya sangat baik itu dilakukan oleh semua ibu hamil. Kondisi stress dapat memberikan efek buruk baik bagi emosi maupun kesehatan fisik. Lakukan beberapa hal yang Anda senangi seperti membaca buku ataupun mendengarkan musik kesukaan Anda.

5. Selalu berada di tempat teduh

Dengan berada ditempat teduh maka tubuh tidak akan mengeluarkan air berupa keringat. Dan hal ini tentunya akan membuat tubuh ibu hamil menjadi tetap terhidrasi dan mampu menjalankan puasa dengan sebaik – baiknya. Apabila tubuh tidak mengeluarkan banyak keringat, tentunya ibu hamil juga tidak akan mudah merasa lelah dan haus sehingga puasanya bisa berjalan dengan lancar.

6. Menjaga asupan nutrisi seimbang

Ada beberapa menu makanan ibu hamil saat puasa yang mungkin juga bisa untuk diikuti. Beberapa menu itu akan membantu pemenuhan nutrisi baik bagi ibu dan kandungan. Karena akan ada banyak asupan nutrisi yang diperlukan, maka Anda juga bisa menyiasatinya dengan mengkonsumsi suplemen ataupun susu kehamilan yang telah mengandung banyak nutrisi seimbang yang diperlukan oleh tubuh ibu hamil dan perkembangan janin.

7. Berolahraga dengan rutin

Berpuasa bukan berarti berhenti untuk melakukan hal – hal yang dapat membantu meningkatkan kesehatan badan seperti berolahraga. Tetap lakukan beberapa olahraga untuk ibu hamil yang ringan untuk membantu menjaga kondisi kesehatan yang prima. Dengan kondisi kesehatan yang prima tentunya ibu hamil akan dapat menjalankan puasanya dengan baik.

Baca Juga : Berbagai Jenis Gangguan Pada Janin
Jadi itulah beberapa tips Menjaga Kesehatan Janin Saat Sedang Puasa yang bisa kami bagikan kepada Anda. Terima kasih atas waktu yang telah diberikan untuk mebgikuti website ini dan membaca artikel kami. Nantikan terus artikel selanjutnya karena tentunya akan ada banyak artikel menarik yang akan datang. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat jangan lupa share dan tinggalkan komentar.

Oh ya jika bunda belum download aplikasi android kami silahkan klik disini. aplikasi ini akan bermanfaat bagi bunda, karena aplikasi ini menyediakan informasi yang ada pada blog kami secara offline tanpa perlu menggunakan jaringan/ data seluler untuk membaca informasi. jangan lupa juga share aplikasinya jika bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments