Pentingnya Peran Ayah Dalam Mengasuh Anak | Majalah Bunda

Pentingnya Peran Ayah Dalam Mengasuh Anak

Pentingnya Ayah untuk ikut mengasuh anak

Kebanyakan dari kita sebagai seorang ayah tentunya urusan anak sudah tidak bisa lepas dari peran dari seorang ibu. Dengan begitu banyak kesibukan kantor yang harus dikerjakan oleh seorang ayah maka kita tidak akan mempunyai banyak waktu dengan anak anak kita.

Pentingnya Peran Ayah Dalam Mengasuh Anak
Peran Ayah Mengasuh Anak

Mungkin banyak yang belum tahu pentingnya ayah untuk ikut serta dalam mengasuh anak. Terus apa manfaat untuk anak jika diasuh oleh ayahnya?

Pengasuhan bersama ayah dan bunda dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak kita, serta kepuasan hidup dan kesehatan mental baik anak laki-laki maupun anak perempuan. Kedekatan anak dengan seorang ayah akan membuat anak kita bahagia. tidak hanya anak kita disaat kecil, tetapi akan berlangsung hingga anak kita dewasa nantinya.

Itulah beberapa manfaat untuk anak jika diasuh oleh ayahnya. terus? apa peran seorang ayah dalam mengasuh anak? Silahkan simak poin-poin berikut ini.

Peran Ayah Dalam Mengasuh Anak :

1. Teladan

Menjadi teladan dalam segala hal dan pembiasaan perilaku baik tentu menjadi peran seorang ayah dalam mengasuh anaknya. Kita sebagai orang tua baik ayah maupun bunda bersama-sama menjadi panutan dan contoh bagi anak kita. Sebagai orang tua kita harus bertanggung jawab untuk memberikan pantutan dan contoh yang baik. Orang tua menjadi teladan dalam pelaksanakan dan pemahaman makna beribadah, bersikap jujur, saling menghargai, senang belajar dan perilaku baik lainnya.

2. Tanggung Jawab

Sebagai orang tua kita memiliki kewajiban menanggung segala sesuatu untuk menjamin kesejahteraan anak kita secara umum. Peran tanggung jawab inilah yang dilihat sebagai peran seorang ayah, yaitu mencari nafkah yang halal bagi keluarga kita.

3. Terlibat

Seorang anak membutuhkan orang tua yang saling berkerja sama untuk mengasuh dirinya. Kerja sama yang dilakukan oleh ayah dan bunda dalam merawat, bermain, mengobrol, serta aktivitas anak lainnya akan menjadi pengalaman yang baik dan contoh penting untuk anak anda.

4. Hadir

Kehadiran seorang ayah secara fisik dan psikologis penting untuk memenuhi kebutuhan perkembangan anak kita. Hal ini dapat dilakukan diantaranya dengan datang kesekolah untuk mengambil raport anak kita, sering berbincang dan bercanda dengan anak kita. atau melakukan aktivitas bersama yang dinikmati oleh anak kita.
Baca Juga : Cara Mengasuh Anak Yang Benar
Mungkin itu dulu point-point dalam pentingnya mengasuh anak untuk seorang ayah. Sekian terimakasih
Jika menurut anda artikel ini bermanfaat jangan lupa share dan tinggalkan komentar.

Post a Comment

0 Comments