Manfaat Roti Saat Sedang Hamil | Majalah Bunda

Manfaat Roti Saat Sedang Hamil


Siapa tidak mengenal roti? Roti merupakan salah satu jenis makanan olahan dari tepung yang merupakan salah satu menu favorit dari masyarakat Indonesia. Meskipun bukanlah merupakan salah satu makanan pokok, namun demikian peran roti sangatlah tinggi di dalam kebutuhan asupan gizi dan nutrisi dari masyarakat Indonesia.

Salah satu jenis roti yang mulai digemari untuk dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah roti gandum. Roti gandum merupakan jenis roti yang dibuat dengan menggunakan sari gandum uth, yang biasanya memliki tekstur yang lebih kenyal, kasar dan ada sedikit rasa gurih ketika dimakan. Roti gandum merupakan salah satu alternatif pilihan makanan konsumsi selain roti putih.

Selama masa kehamilan, yang namanya asupan gizi pasti harus tercukupi dengan baik, bukan? Anjuran makan makanan sehat seperti sayuran, susu, daging, serta buah-buahan pasti Bunda sering terima baik dari keluarga maupun dokter. Namun di luar makanan yang disebutkan itu, Bunda pernahkah terpikir mengenai kandungan gizi pada roti khususnya roti gandum? Faktanya, makanan yang satu ini ternyata punya manfaat yang luar biasa untuk ibu hamil lho, Bun.

Mengutip dari momjunction.com, roti merupakan salah satu makanan bergizi yang kaya akan serat, mineral dan nutrisi penting lainnya. Apalagi roti gandum. Keberadaan serat yang tinggi pada roti gandum sejatinya bisa membantu mengurangi konstipasi serta diare selama kehamilan. Tak cuma itu, ini dia manfaat baik konsumsi roti selama masa kehamilan.

Menurunkan Tekanan Darah Selama Masa Kehamilan

Bunda wajib tahu, stres berlebihan selama masa kehamilan sejatinya bisa menyebabkan tekanan darah tinggi lho Bun. Untuk itu Bunda harus tahu asupan gizi yang sekiranya bisa membantu mengatasi hal yang satu ini. Tapi tenang, cukup konsumsi saja Bun. Percayalah, kandungan gizi pada roti bisa menjaga kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh sehingga bisa mengurangi tingkat tekanan darah jadi normal lagi.

Risiko Diabetes yang Mengancam Selama Masa Kehamilan Bisa Diatasi dengan Perbanyak Konsumsi Roti

Seorang wanita pada umumnya punya risiko terkena diabetes saat masa kehamilan. Tapi Bunda perlu tahu, mengonsumsi roti gandum bisa menurunkan risiko ini lantaran makanan ini punya serat tinggi yang bisa membantu menjaga kadar gula darah sekaligus mencegah agar tak melonjak tiba-tiba.

Tak Hanya Kaya Serat, Kalsium pada Roti Gandum Pun Baik untuk Janin

Janin Bunda sejatinya butuh banyak kalsium demi perkembangan dan pertumbuhannya selama masih dalam kandungan. Nah, yang namanya roti gandum ternyata kaya akan kalsium yang bisa memberi manfaat untuk Bunda pada masa kehamilan. Selain kandungan kalsium yang tinggi, roti gandum utuh juga kaya akan vitamin C lho Bun. Vitamin ini berguna meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil.

Kandungan Vitamin pada Roti Gandum Bisa Membantu Ibu Hamil Memenuhi Asupan Vitamin Harian

Tak hanya kalsiun dan vitamin C, roti gandum ternyata kaya akan vitamin B, thiamin, riboflavin, dan niacin. Percayalah, vitamin tersebut ternyata dibutuhkan untuk menjaga dan membantu kestabilan metabolisme pada tubuh Bunda yang sedang hamil.

Untuk Bunda yang Punya Asma, Kurangi Gejalanya dengan Mengonsumsi Roti Gandum

Berdasarkan penelitian, mengonsumsi roti gandum selama masa kehamilan dipercaya bisa mengurangi gejala asma serta perasaan tak nyaman saat bernapas selama masa kehamilan lho, Bun. Di lain sisi, makanan yang tinggi serat ini ternyata punya manfaat mengurangi risiko batu empedu. Wah, banyak juga ya manfaatnya.

Post a Comment

0 Comments