Mudik Dengan Si Kecil? Berikut Tips Yang Harus Dipersiapkan Bunda. | Majalah Bunda

Mudik Dengan Si Kecil? Berikut Tips Yang Harus Dipersiapkan Bunda.


Mudik ke kampung halaman dengan sikecil jelas merupakan sebuah tantangan apalagi jika rute yang akan dilalui bunda sangat jauh. bahkan bunda akan berpikir dan bertanya pada diri sendiri, apakah sanggup?

Mudik dengan sang buah hati, mungkin sebagian orang tua berpikir akan menjadi perjalanan yang cukup merepotkan, apalagi jika mudik kali ini pertama kali dilakukan oleh anak bunda, dengan perjalanan yang cukup jauh. baik itu naik mobil pribadi atau transportasi umum.

Sebelum bunda mudik seharusnya bunda melakukan persiapan dengan matang. Jangan sampai anak bunda akan rewel hal ini akan mengganggu perjalanan mudik. Nah, agar mudik bersama anak bunda dilalui dengan menyenangkan, berikut ini beberapa tips yang perlu bunda persiapkan sebelum mudik

JIKA SI KECIL SUDAH DIRASA CUKUP PAHAM, COBALAH BUNDA CERITAKAN SITUASI YANG AKAN DILALUI

Anak yang sudah mulai bisa berinteraksi, biasanya akan merasa bingung dan kaget jika tiba-tiba diajak pergi mudik. Apalagi jika itu adalah, kali pertama mereka merasakannya. Untuk itu bunda boleh memberinya pengertian lewat cerita.

"Nanti kita naik mobilnya lama ya, nak. Kita akan lewat jalan yang naik turun, dan melewati banyak pohon-pohon. Kita juga akan berbagi jalan sama orang lain. Jadi, kita akan mengantri. Nanti seru deh, kamu bisa lihat banyak mobil dan motor selama perjalanan."

Dengan begitu, si kecil tak lagi akan bertanya-tanya kenapa kita masih saja di perjalanan dan belum sampai tujuan. Selanjutnya, bunda bisa mulai menceritakan beberapa hal yang mungkin akan disaksikannya di kampung halaman. Hal ini bertujuan untuk membantu si kecil beradaptasi, ketika nanti sudah sampai.

SIAPKAN TAS KHUSUS PERLENGKAPAN ANAK YANG BISA MEMUAT SEGALA KEPERLUANNYA

Demi memudahkan kita selama perjalanan, baiknya bunda membawa satu tas yang khusus untuk perlengkapan si buah hati. Pilihlah tas yang tidak terlalu besar, tapi juga tak terlalu kecil. Lalu tempatkan peralatan sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Usahakan tas ini terpisah dengan tas yang memuat barang bawaan lain. Jadi khusus tas ini bisa diletakan di dekat Bunda. Sehingga jika nanti ada yang perlu, bunda tak perlu susah payah mencari untuk menemukannya lagi. Selain menghemat waktu, ini juga akan jadi salah satu hal yang memudahkan kita melakukan perjalanan sembari tetap memomong si kecil di jalan.

BAWALAH BUKU ATAU MAINAN LAIN YANG MENJADI KESUKAANNYA

Menurut Rainer Jenss, presiden dan pendiri Family Travel Association, Anak-anak baru lahir hingga usia 2 tahun, sesungguhnya berada pada usia yang lebih mudah untuk diajak dalam perjalanan. Kita bisa membawa mereka ke mana saja dan membuat mereka senang selama kita menciptakan lingkungan yang nyaman bagi mereka dan menjaga mereka tetap dalam rutinitas seperti biasanya.

Itu artinya, selama perjalanan kita hanya perlu membuat si kecil merasa senang dan nyaman dan tetap merasa ‘homie’, dengan kegiatan yang biasa dilakoninya. Maka, agar terhindar dari kebosanan, bunda perlu untuk membawa beberapa buku atau mainan kesukaan. Pilihlah buku atau mainan yang bersifat interaktif dan edukatif. Sehingga memungkinkan untuk bisa dimainkan atau dibaca bersama dengan anggota keluarga lainnya.

BAWA MAKANAN DAN BEBERAPA SNACK SELAMA PERJALANAN

Biasanya, si kecil yang masih berusia di bawah satu tahun haruslah didampingi makanan pelengkap selain ASI. Maka untuk itu, pastikan jika bunda membawa makanan yang dibutuhkannya untuk tetap menjaga nutrisi yang ia butuhkan selama perjalanan.

Begitu pula dengan anak yang sudah menginjak 1 hingga 3 tahun, yang juga utuh asupan makanan tepat waktu setiap hari. Bunda bisa mempersiapkan makanannya sebelum berangkat, dengan menaruhnya pada wadah yang bisa menyimpan makanan sementara. Baik untuk yang tetap hangat atau yang tetap dingin.

Tak hanya itu saja, Bunda juga boleh membawa beberapa snack yang mungkin lebih disenangi oleh si Kecil. Seperti beberapa jenis cookies dan buah-buahan yang sudah dipotong kecil-kecil. Membawa makanan si Kecil ke perjalanan akan membantu Bunda untuk menjaganya tetap kenyang dan tak kekurangan asupan.

DAN JANGAN LUPA UNTUK MEMBAWA KEPERLUAN KHUSUS LAIN, YANG MEMANG BUNDA BUTUHKAN SELAMA MUDIK

Kesiapan lain yang juga perlu Bunda perhatikan adalah tetap menjaga kesehatan dan kondisi si Kecil selama perjalanan. Khususnya, kebersihan pakaian yang si Kecil kenakan selama mudik lebaran.

Tentunya Bunda tidak mungkin membawa seluruh isi lemari pakaian si Kecil, bukan? Sementara dalam situasi mudik dan libur lebaran, bisa jadi jasa cuci belum banyak yang buka. Oleh karena itu, Bunda perlu mengatasi sendiri kebersihan baju-baju si Kecil.

Mungkin sampai disini dulu artikel kali ini, semoga bunda yang saat ini akan mudik menjadi lebih tahu jika artikel ini bermanfaat jangan lupa share artikel ini agar yang lain tahu. Oh ya jika bunda belum download aplikasi android kami silahkan klik disini. aplikasi ini akan bermanfaat bagi bunda, karena aplikasi ini menyediakan informasi yang ada pada blog kami secara offline tanpa perlu menggunakan jaringan/ data seluler untuk membaca informasi. jangan lupa juga share aplikasinya jika bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments