Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini | Majalah Bunda

Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini

Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini
Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini
ANAK PINTAR BELAJAR - banyak kita mendengar tentang kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak terjadi justru di lingkungan terdekat. Banyak pelaku dari pelecehan merupakan orang dekat, seperti orang tua, saudara, tetangga, teman bermain anak, guru dan lain-lain.

Fenomena seperti ini seharusnya menjadi perhatian bagi kita semua, terutama kita sebagai orang tua untuk menjadi pelindung utama untuk anak kita, oleh karena itu maka menjadi kewajiban kita sebagai orang tua untuk menghindarkan dan membentengi anak kita dari kekerasan seksual. Hal tersebut bisa dilakukan dengan memberikan pendidikan seks sedini mungkin agar mereka paham.

Pendidikan seks yang dimaksud adalah pendidikan seks untuk anak usia dini meliputi mengenali anggota tubuh dan fungsinya, memahami tentang berharganya tubuh mereka sendiri dan mengetahui serta dapat melindungi anggota tubuhnya dari kemungkinan ancaman kekerasan seksual.

Untuk mengajarkan Pendidikan seks secara dini pada anak dapat dilakukan oleh orang tua dengan melakukan beberapa hal sebagai berikut :

Pertama, memaksimalkan dan mengefektifkan waktu kebersamaan dengan permainan menebak nama anggota tubuh dan fungsinya. Permainan ini bisa dilakukan langsung dengan tebak-tebakan antara orangtua dan anak, guru memberi tebakan dan anak menunjukkan anggota badan dan fungsinya, bisa juga dibantu dengan alat peraga, seperti gambar atau boneka.

Kedua, manfaatkan kegiatan merawat anak usia dini sebagai momentum belajar yang efektif. Saat memandikan kita bisa mengenalkan anggota badan anak, saat menemani di toilet kita bisa mengenalkan alat kelamin serta cara menjaganya dan lain sebagainya.

Ketiga, jika anak sakit kita bisa gunakan waktu tersebut sebagai momen untuk memberikan pengetahuan tentang cara merawat tubuh dan menghindarkannya dari penyakit.

Keempat, ajak anak menonton video edukasi tentang pengenalan seks dan pencegahannya. Banyak video seperti itu bisa kita dapatkan di YouTube. Unduh video dan ajak anak nonton bersama dengan pendampingan.

Kelima, beritahu anak bahwa mereka memiliki hak sepenuhnya atas diri mereka dan mereka wajib melindungi tubuh mereka yang berharga dari sentuhan orang lain, kecuali orang tua dan tenaga medis. Hal ini bisa dilakukan saat meninabobokan anak, menemani makan, menemani mandi, saat anak sakit dan pada momen lain saat anak sedang dekat daan akrab dengan orang tua.

itulah lima point yang orang tua bisa lakukan di rumah untuk memberikan pendidikan seks pada anak usia dini. Dengan pengetahuan seks sejak dini diharapkan anak mampu memahami dirinya, memfungsikan anggota tubuhnya sendiri dengan baik dan mampu melindungi diri dari tindak kekerasan dan pelecehan seksual. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share dengan menggunakan tombol dibawah ini.

Post a Comment

0 Comments