Cara Melatih Anak Untuk Berpuasa | Majalah Bunda

Cara Melatih Anak Untuk Berpuasa

Cara Melatih Anak Untuk Berpuasa
Cara Melatih Anak Untuk Berpuasa
Untuk umat muslim saat bulan ramadan datang, tentunya kita sebagai orang tua mencari cara untuk melatih anak kita untuk ikut berpuasa. ibadah puasa memang tidak mudah dilakukan oleh anak-anak terlebih lagi saat anak kita baru belajar untuk melakukannya.

sebagai orang tua kita memiliki kewajiban untuk mengajarkan anak kita untuk ikut berpuasa agar terbiasa saat mereka tumbuh dewasa nantinya. untuk mengajarkan tentunya orang tua harus mempersiapkan kondisi fisik anak. kita juga harus memperhatikan psikis agar benar-benar siap untuk melakukan ibadah puasa. Untuk itu, berikut beberapa Cara Melatih Anak Untuk Berpuasa :

Menjelaskan Makna Puasa

Meskipun masih anak-anak, anak kita perlu memahami makna ibadah puasa Ramadan yang sesungguhnya. bunda dapat bercerita tentang Allah dan Rasul yang menyenangi anak-anak kecil yang melakukan ibadah puasa. Selain itu, bunda juga bisa mengemasnya dalam berbagai cerita yang menarik, termasuk pengalaman bunda berpuasa saat masih kecil dulu. Ceritakan juga apa saja yang bunda lakukan saat berpuasa agar anak kita dapat mengikuti dengan senang hati.

Ciptakan Suasana Menyenangkan

Sebaiknya bunda menciptakan suasana berpuasa yang menyenangkan di rumah agar anak kita tidak merasa terbebani dengan ibadah yang dilakukan. Mulailah dengan sahur di waktu yang tidak terburu-buru agar anak kita dapat menikmati dengan nyaman dan hati yang senang. Selama seharian berpuasa, bunda juga bisa memberikan contoh bahwa meskipun berpuasa, bunda tetap melakukan berbagai kegiatan dengan semangat dan tidak loyo.

Ajak anak kita Beraktivitas

Cara melatih anak kita untuk berpuasa yang selanjutnya adalah dengan memberikan kegiatan dan permainan yang sesuai dengan kondisi tubuh saat berpuasa. Misalnya, bunda dapat mengajak anak kita menyusun puzzle atau permainan dalam ruangan lainnya. Hindari jenis permainan yang menyita tenaga lebih, agar anak kita tidak cepat merasa lapar dan haus.

Siapkan Menu Tepat Bergizi

Pastikan bunda menyiapkan makanan yang tepat bergizi untuk anak kita yang sedang berlatih berpuasa. Sesuaikan juga dengan makanan kesukaannya. Berikan menu kesukaan anak kita agar mereka semangat makan saat sahur dan buka puasa. Jangan lupa untuk memperhatikan asupan nutrisi anak kita agar saat berpuasa tetap sehat dan tidak mudah merasa lemas. Sebaiknya rutin mengonsumsi buah-buahan serta cukup minum air putih agar anak kita tidak mengalami dehidrasi.

Berikan Pujian

Saat anak baru memulai belajar berpuasa untuk pertama kalinya, mungkin ia tidak langsung berhasil puasa sehari penuh. anak kita mungkin hanya bisa bertahan sampai pukul 10 pagi atau 12 siang. Apapun capaiannya, bunda perlu memberikan pujian sebagai apresiasi atas usaha yang telah dilakukan anak kita. Gunakan kata-kata positif yang mengacu pada perilaku spesifik. Sebaiknya bunda tidak menjanjikan hadiah pada anak kita. Pasalnya, hadiah hanya akan membuat kenikmatan berpuasa berpindah menjadi kenikmatan mendapat hadiah.

Jangan Lupa Beri Contoh

Cara melatih anak untuk berpuasa yang paling efektif adalah dengan memberikan contoh nyata. Jika bunda ingin anak berpuasa, maka sebagai orang tua dan sekaligus role model bunda pun harus berpuasa. Hal ini terbilang paling ampuh membuat anak kita semangat berpuasa karena orang tuanya pun melakukan ibadah yang sama.
Baca Juga : Manfaat serta waktu yang tepat untuk mengajarkan anak berpuasa di bulan ramadhan
Saat anak kita mau belajar berpuasa, peran bunda sebagai orang tua tentu sangat diperlukan. Cara melatih anak untuk berpuasa pun harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing anak. Jangan memaksa anak untuk langsung berpuasa sehari penuh karena hal tersebut akan membuatnya merasa terbebani dengan ibadah puasa. bunda bisa melatih anak berpuasa sedikit demi sedikit sesuai dengan perkembangannya.

Sampai disini dulu artikel kali ini, jika bunda merasa artikel ini bermanfaat jangan lupa share artikel ini melalui tombol share dibawah yah..

Post a Comment

0 Comments