Penyebab Anak Malas Belajar | Majalah Bunda

Penyebab Anak Malas Belajar

Untuk kegiatan pembelajaran anak tentunya tak hanya pada saat dia disekolah saja, tapi pada saat anak kita dirumah pun, anak kita perlu untuk mengulangi pelajarannya. Agar anak kita akan lebih memahami pelajaran yang dia dapatkan di sekolah. Untuk memastikan hal tersebut dilaksanakan oleh anak-anak maka peran guru untuk memberikan pekerjaan rumah (PR) agar anak mau mengulangi pelajarannya saat dirumah. Tidak hanya peran guru untuk memberikan PR tapi peran orang tua juga sangat penting untuk mengontrol anaknya mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan oleh gurunya.

Anak Malas Belajar
Anak Malas Belajar
Untuk mewujudkan hal ini, maka peran orang tua sangat penting. anda sebagai orang tua bisa mengawasi anak agar mau mengulangi pelajaran yang telah diterima saat disekolah. Meskipun ini terlihat sangat mudah untuk dilakukan, tapi kenyataanya tak sedikit anak yang malas untuk mengulangi pelajarannya saat dirumah. Untuk mengatasi masalah ini maka anda sebagai orang tua harus tahu apa penyebabnya! Berikut ini penyebab anak malas belajar dirumah, yang kami kumpulkan dari berbagai sumber :

1. Lingkungan Tidak Mendukung

Kita sebagai orang tua harus menciptakan suasana yang nyaman untuknya agar bisa belajar dengan nyaman, misalnya dengan memberikan dia ruang khusus untuk belajar dan memastikan bahwa suasananya tidak berisik karena akan menganggu konsentrasinya. Pilihan ini bisa membantunya lebih fokus untuk mengerjakan PR atau hanya sekedar mengulang pelajarannya, karena ruang belajar bagi seorang anak itu sama seperti suasana bekerja bagi orang dewasa, ruangan yang baik akan membantunya konsentrasi dan keinginannnya belajar lebih baik.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah sarana lain yang mendukung proses belajarnya, bisa dalam bentuk  buku-buku pelajaran lain dan buku referensi lain yang akan membantunya untuk mengerjakan PR. Jika kebutuhan ini tidak memadai, bisa saja ini menjadi alasan untuk anak malas belajar.

2. Matapelajaran Tidak Disukai

Sebelum marah pada anak kita karena melihat anak yang malas belajar sebaiknya kita cara tahu apa yang menjadi penyebabnya. Salah satunya bisa disebabkan kemampuannya yang sulit memahami mata pelajaran dan teknik belajarnya. Cobalah untuk bertanya bagian mana yang sekiranya dia tidak suka, dan berikan cara asyik untuk mengerjakan pelajaran yang tidak disukainya tersebut. Misalnya memberi dia pilihan untuk beberapa cara yang bisa dia pakai untuk mengerjakan pelajaran tersebut. Dengan begitu dia pun merasa bahwa belajar itu menyenangkan.

3. Merasa Sendiri

Ada beberapa anak yang memang bisa belajar sendiri untuk membaca buku atau mengerjakan latihan soal. Tapi bagi sebagian anak ia hanya akan bersemangat jika ada seseorang  yang menemani dan membimbing dalam belajar. Dan jika dibiarkan sendiri dia merasa kurang percaya diri dan malas. Cobalah meluangkan waktu untuk menemaninya belajar, namun jika memang hal ini tidak bisa dilakukan oleh orangtua karena alasan tertentu anda bisa meminta tolong pada orang lain yang bisa dipercaya. Meminta bantuan guru privat misalnya.

4. Lelah

Kegiatannya belajar di sekolah memang mungkin cukup padat sehingga menguras energi anak. Berangkat pagi sampai siang atau menjelang sore sudah pasti membutuhkan energi yang tak sedikit, Belum lagi jika beban studinya banyak dan terlalu berlebihan. Sesampainya di rumah anak sering merasa keletihan sehingga perlu istirahat dan tidur lebih cepat, akhirnya dia pun jadimalas belajar di rumah. Tapi sebagian anak lain memilih mencari hiburan untuk menghilangkan lelah dengan caranya sendiri, pergi kerumah teman atau tempat bermain.

Untuk mengatasi anak yang terlalu lelah karena belajar seharian di sekolah, kita bisa memberinya asupan sarapan dan bekal yang bisa memenuhi kebutuhannya. Dengan begitu, meski anak telah seharian belajar di sekolah, dia masih tetap memiliki energi untuk mengulang pelajaran di rumah.

5. Kurang Perhatian

Sebagian besar anak yang  punya masalah di sekolah entah itu prestasi jelek, berantem, atau bolos itu disebabkan oleh kurangnya perhatian dari kita sebagai orangtuanya. Perhatian yang dimaksudkan adalah kasih sayang. Anak akan merasa lebih bersemangat lagi untuk mengerjakan segala sesuatu, termasuk untuk belajar dirumah jika kita memberikan perhatian khusus. Meski hanya sekedar bertanya dan mengingatkannya untuk belajar.

6. Perlu Motivasi

Rasa malas yang dimiliki anak untuk belajar dapat disebabkan masalah psikologis. Ada sesuatu yang memang tengah mengganjal hati dan pikirannya sering ditunjukkan dalam bentuk penolakan untuk perintah yang ditujukan kepadanya. Dia pun menjadi malas dan tidak mau belajar.

Pada momen inilah peran kita sebagai orangtua sangat dibutuhkan. Kita dapat memberinya pemahaman untuk manfaat dan tujuan yang akan didapatkannya ketika belajar. Jangan mengabaikan dan tak memerdulikannya dia, sebab hal ini dapat  membuatnya bertindak sesuka hati. Ingat, peran orangtua tak sebatas pada pemenuhan kebutuhan fisik anak, namun kondisi psikologisnya juga menjadi tanggung jawab kita.

7. Pengaruh Gadget

Kita memang tidak dapat menghambat kemajuan dan teknologi dizaman sekarang, anak sekarang bisa  melakukan segala sesuatu dengan gadget dan kontak sosial media maupun browsing dengan leluasa. Ini pula yang sering membuat mereka lupa untuk mengulang pelajaran di rumah. Bila hal itu terjadi, cobalah berbicara dari hati ke hati dengannya Bun! Beri gambaran padanya mengenai apa yang akan terjadi bila dia terus bermain gadget dan tak belajar di rumah. Anda juga bisa membuat kesepakatan dengan anak, kapan dia boleh bermain gadget dan harus belajar.

Nah dari hal-hal di atas, bisa kita simpulkan penyebab anak malas belajar dirumah diakibatkan oleh situasi dan kondisi yang tidak mendukungnya. Tidak perlu langsung marah-marah dan memvonis anak malas belajar ada baiknya kita lihat perilaku yang ditunjukkannya dan coba memahami apa kendala yang dialaminya dan bereskan sesegera mungkin. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share agar orang lain tahu. dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar.

Post a Comment

0 Comments