Tips agar anak cerdas | Majalah Bunda

Tips agar anak cerdas

Sebagai orang tua tentu akan merasa bangga dan bahagia bila anak kita memiliki kecerdasan dengan IQ diatas rata-rata. Seseorang yang cerdas dapat dilihat dengan cara dia berpikir dan mempelajari sesuatu dengan cepat dibandingkan dengan orang lain yang sebayanya. Kerja otaknya menggunakan logika diatas rata-rata.

Anak Cerdas
Tips Anak Cerdas


Banyak yang menganggap kecerdasan itu hanya ada pada orang-orang tertentu saja, dan itu merupakan anugerah dari sang pencipta. padahal sebenarnya kecerdasan itu bisa dilatih sejak dini pada anak kita. dengan latihan yang tekun akan membuat otak anak kita terbisa berpikir dan menggunakan logika-logika yang telah dipelajari.

Kita Sebagai orang tua tanpa kita sadari mempunyai pengaruh yang besar pada pertumbuhan dan kecerdasan anak-anak, baik pada saat anak kita bermain bersama, maupun saat sedang berkomunikasi dengan kita.

Menurut Heather Hamilton, seperti yang dikutip dalam situs parenting.com, ada 3 kebiasaan yang dapat membuat anak-anak kita cerdas yaitu :

1. Jadwal Belajar

membuat jadwal belajar yang teratur dan konsisten. Sesibuk apapun, luangkan waktu kita untuk makan, belajar, bermain dan istirahat.
Seringkali kita sebagai orang tua menjalani hidup yang sibuk, sehingga mengabaikan sesuatu yang sudah terjadwal dan sangat sulit untuk bisa konsisten dengan aktivitas dan tugas-tugas kita. Padahal ini sangat penting bagi anak kita.

Selama belajar, jadikan lingkungan yang ramah dan aman bagi anak-anak. Matikan televisi sementara dan mintalah anak-anak bersikap tenang dan konsentrasi saat belajar. Orang dewasa di rumah juga harus dapat menunjukkan perilaku yang baik dan tenang serta harus dapat menjadi contoh.

Bimbinglah anak bila merasa tidak mampu untuk belajar sendiri. Kita bisa membacakannya buku-buku pelajaran dan saling berkomunikasi, tanya jawab. Berikan pemahaman akan hal-hal yang kita bacakan dan perkaya wawasan anak dengan pengetahuan lain dengan berbagai cara.

2. Jarang Gunakan Teknologi

Tidak tergantung pada teknologi. Di zaman yang serba instan, gawai menjadi sumber teknologi informasi. Sebagai contoh semua hal pengetahuan bisa kita tanyakan di internet, namun janganlah kita membiasakan hal tersebut.

Kita harus fokus pada hal hal yang sudah kita rencanakan sebelumnya. Penting bagi kita untuk tidak tergantung pada teknologi untuk setiap tujuan. Untuk itu, selama waktu belajar, sebaiknya ponsel, tablet dan komputer yang tidak terkait dengan tugas cobalah disingkirkan.

Dengan menggunakan teknologi sebagai alat bukan kebutuhan pokok, kita akan mengajari anak untuk memikirkan hal-hal dengan cara yang lebih menarik dan kreatif. Selain itu, istirahat dari layar gawai akan meningkatkan kualitas tidur dan membantu mata kita beristirahat.

3. Perencanaan Teratur

Buatlah kebiasaan-kebiasaan tersebut secara teratur dan terencana. Kita dapat memperhatikan jika anak dapat  melakukannya secara teratur dan terencana berarti mereka punya prestasi yang tidak akan mudah dilakukan oleh semua orang.

Kebiasaan mengikuti aturan, disiplin dan komitmen dengan konsep diri sangat penting untuk anak dan itulah yang dapat membuat mereka sukses di masa depan. Untuk membuat kebiasan-kebiasaan itu berjalan secara teratur, kita bisa membuat peraturan-peraturan bersama anak dengan cara yang kita sepakati bersama.

Misalnya sebagai pengingat, kita dapat menuliskannya di memo atau membuat papan yang khusus digunakan untuk menempelkan tulisan tersebut agar bisa dibaca setiap hari. Kita juga bisa membuat kalender keluarga untuk merencanakan kebiasaan-kebiasaan dan sebagai pengingat aktivitas dan tugas-tugas.
Hal ini akan jauh lebih efektif bagi kita dan anak-anak dalam mengingat, merancang aktivitas dan  tugas pekerjaan rumah mana yang harus didahulukan dan diutamakan. Mungkin sampai disini dulu artikel tentang Tips Agar anak cerdas. Jangan lupa meninggalkan komentar dibawah
Selamat mencoba!

Post a Comment

0 Comments