Cara Menumbuhkan Minat Belajar Matematika Pada Anak | Majalah Bunda

Cara Menumbuhkan Minat Belajar Matematika Pada Anak


Untuk sebagian anak-anak belajar matematika menjadi mata pelajaran yang gampang, tapi tidak semua bisa menguasai atau belajar matematika dengan mudah, bagi sebagian anak-anak mata pelajaran ini sangat menyulitkan. Begitu sulit dan rumit sehingga mata pelajaran ini menjadi menyebalkan. Padahal Matematika sangat penting dan berguna dalam kehidupan sehari-hari. Jika anak Bunda termasuk tidak menyukai mata pelajaran ini, maka kita sebagai orang tua mempunyai peran penting untuk berusaha menumbuhkan minat anak kita untuk belajar matematika.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menumbuhkan minat anak kita untuk mau belajar matematika. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah melalui beberapa permainan. Untuk itu dalam artikel kali ini akan dibahas permainan yang dapat digunakan untuk menumbuhkan minat belajar matematika pada anak kita.

MENCARI SESUATU DENGAN BUKU

Ini adalah salah satu jenis permainan yang dapat Bunda manfaatkan untuk menumbuhkan minat belajar Matematika pada anak. Idealnya adalah Bunda dan anak membawa buku dengan judul dan edisi yang sama. Meskipun ini bukanlah sebuah keharusan namun jika bisa diperoleh buku dengan judul dan edisi yang sama maka itu akan memudahkan Bunda untuk memberi pertanyaan kepada buah hati.

Contoh permainannya adalah tulislah kalimat ke-2 pada paragraf ke-3 yang ada pada halaman 5 setelah halaman ke-6? Maka biarkan anak mencari kalimat ke-2 yang terletak paragraf ke-3 yang ada pada halaman ke-5 setelah halaman ke-6 atau tepatnya adalah pada halaman kesebelas. Semakin besar usia anak, maka semakin rumit juga pertanyaannya.

BUNDA JUGA DAPAT MENGGUNAKAN GAMBAR

Selain buku, Bunda juga bisa menggunakan gambar-gambar untuk mengajarkan Matematika pada anak. Gambar-gambar tersebut bisa Bunda daparkan pada buku gambar atau buku lainnya yang penuh dengan gambar. Contoh perintahnya adalah carilah lima buah bentuk lingkaran! Maka anak akan mencari lima lingkaran seperti bentuk mata, buah-buahan, dan lain sebagainya.

ATAU BISA JUGA DENGAN MEMANFAATKAN PERMAINAN ARAH MATA ANGIN

Belajar matematika tidak harus di depan meja dengan pensil dan bolpoin di tangan. Tapi bisa juga dilakukan di luar ruangan. Salah satunya dengan permainan arah mata angin. Caranya kumpulkan beberapa anak untuk memainkan permainan ini lalu bagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok menunjuk satu anak yang matanya siap untuk ditutup. Kemudian anggota kelompok yang lain bertugas mengarahkan rekannya yang matanya ditutup tersebut untuk menuju sasaran yang sudah ditentukan. Mereka hanya boleh mengarahkan dengan petunjuk angka. Misalnya 3 langkah ke kanan, 5 langkah ke kiri, dan sebagainya. Kelompok yang paling cepat mencapai tujuan adalah pemenangnya.

KARTU MATEMATIKA AKAN MEMBUAT ANAK JADI SEMANGAT BELAJAR

Kartu matematika adalah kartu yang berisi tentang soal dan jawaban Matematika. Caranya buatlah soal di atas kartu yang sudah Bunda buat, lalu buat jawabannya pada kartu yang lainnya. Kemudian pisahkan antara kartu pertanyaan dengan kartu jawaban. Langkah selanjutnya, biarkan anak memilih sebuah kartu dan mintalah dia untuk mencari jawabannya pada kartu jawaban yang sudah Bunda persiapkan.

Itulah contoh macam-macam permainan yang bisa Bunda terapkan untuk menumbuhkan minat anak sekaligus mengajarkan Matematika kepada anak. Dan yang paling penting adalah buat suasana senyaman dan semenyenangkan mungkin. Hal ini akan mempercepat anak untuk belajar Matematika.

Cara ini juga bisa mengubah anggapan anak yang tadinya menganggap Matematika sebagai mata pelajaran yang sulit serta membosankan, menjadi pelajaran yang menyenangkan dan selalu ditunggu-tunggu. Sekian dulu artikel kali ini. jika artikel Cara Menumbuhkan Minat Belajar Matematika Pada Anak ini bermanfaat jangan lupa share artikel ini kepada lainnya melalui tombol share dibawah ini.

Post a Comment

0 Comments